Kesalahan Orang Tua Saat Mengenalkan Makanan

Salah satu cara menjaga kesehatan anak selain membawanya ke dokter spesialis anak yaitu dengan memberikannya makanan sehat penuh nutrisi. Memang memberikan makanan pada anak sesuatu yang bisa dikatakan cukup sulit. Terlebih lagi banyak dari kalian pasti menemukan anak yang sulit makan namun kalian tidak boleh menyerah akan hal itu.

Kesalahan Orang Tua Dalam Mengenalkan Makanan

Kemudian pada saat kalian memberikan makan pada anak ada beberapa kebiasaan yang ternyata keliru. Kebiasaan orang tua yang salah dalam mengajari mereka makan akan berdampak pada kebutuhan nutrisinya yang tidak dapat terpenuhi dengan baik. Adapun beberapa kebiasaan yang salah dan mungkin masih sering diterapkan oleh para orang tua adalah sebagai berikut.

  • Salah Dalam Memberikan Contoh

Hal pertama yang sering tidak kalian sadari yaitu memberikan contoh yang buruk. Semisal kalian menyuruh anak untuk mengonsumsi sayuran namun kalian malah makan-makanan yang tidak sehat. Tanpa disadari anak kalian adalah seorang peniru yang baik dan melihat kalian melakukan hal tersebut tentu saja membuat anak menirunya. Maka dari itu usahakan untuk memberikan contoh makan yang baik, kalaupun kalian ingin makan-makanan cepat saji sebaiknya menghindar dari pandangan anak.

  • Menyerah Terhadap Penolakan

Untuk memberikan nutrisi yang lebih baik tentu saja kalian harus memberikan berbagai jenis makanan yang lebih variatif. Ketika memberikan anak berbagai macam makanan baru tentu anak kalian akan menolak makanan tersebut entah karena rasanya, teksturnya atau hal lainnya. Kebanyakan orang tua ketika anak menolak makanan tersebut mereka akan berhenti untuk memberikannya. Padahal yang namanya penolakan itu wajar namun disini kalian harus berusaha lebih keras. Usaha yang kalian lakukan yaitu dengan memodifikasi makanan tersebut agar lebih disukai oleh anak-anak.

  • Terlalu Banyak Memberikan Cemilan

Kemudian kebiasaan lain yang sering dilakukan orang tua yaitu memberikan anak makanan berupa camilan. Namun sayangnya anak yang banyak makanan camilan akan susah makan karena sudah merasa kenyang. Selain itu kandungan bahan dalam camilan terkadang kurang baik, kalaupun kalian ingin memberikan camilan untuk anak usahakan terbuat dari bahan yang sehat sehingga nutrisi anak juga bisa terpenuhi. Sebaiknya jangan terlalu sering beri anak camilan terutama yang terlalu banyak mengandung gula dan pengawet.

  • Memaksa Anak Makan

Hal lain yang sering orang tua lakukan ketika memberikan mereka makanan sehat yaitu memaksa mereka makan. Cara ini bisa terbilang cukup efektif membuat anak makan namun kegiatan ini justru nantinya bisa ditakuti oleh anak-anak. Bila sudah demikian kalian harus memutar otak bagaimana supaya anak mau makan tanpa harus dipaksa. Salah satu caranya yaitu libatkan anak dalam proses membeli bahkan memasak makanan tadi. Dengan melakukan hal tersebut tentu akan membuat anak merasa senang dan akan lebih mudah makan tentunya.

  • Salah Memilih Makanan

Kemudian hal yang sering terjadi yaitu orang tua salah dalam memberikan pendamping ASI yang benar jika anak mereka masih menyusui. Mereka sering kali tidak memperhatikan kandungan yang pas pada makanan yang diberikan. Dengan begitu bukan tidak mungkin anak akan kekurangan nutrisi. Ada baiknya kalian konsultasikan dengan dokter spesialis anak mengenai makanan pendamping ASI yang sebaiknya kalian berikan kepada anak.

  • Terlambat Mengenalkan Makanan Sehat

Kemudian kebiasaan memberikan makanan sehat yang salah yaitu orang tua lambat memulai. Banyak yang beranggapan mengenalkan anak pada makanan sehat dimulai ketika anak sudah memasuki usia satu tahun. Padahal sebenarnya bisa dimulai semenjak masih dalam kandungan, ketika mengandung usahakan untuk memakan banyak variasi makanan sehingga anak akan mengenal rasa tersebut. Efeknya yaitu ketika anak sudah mulai dikenalkan pada makanan mereka tidak akan pilih-pilih karena sudah familiar dengan rasa tersebut.

Jangan Lupa Ke Dokter Spesialis Anak

Jadi itulah beberapa kesalahan yang sering orang tua lakukan ketika mengenalkan makanan kepada anak terutama makanan sehat. Dengan mengetahui beberapa hal diatas tentu saja mengenalkan anak pada makanan baru dan sehat bukan lagi menjadi suatu masalah yang besar. Kemudian selain memberikan anak makanan yang sehat jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatannya. Sebaiknya kalian rutin melakukan konsultasi dan pemeriksaan mengenai kesehatan anak ke dokter spesialis anak. Dengan begitu kalian bisa lebih mengetahui bagaimana cara memperhatikan kesehatan anak dengan lebih benar.