Sejarah Dan Perkembangan KBBI

Sejarah kamus besar bahasa Indonesia tidak pernah lepas dari peran pemerintah di dalamnya. Tentu saja, karena keberadaan kamus ini memang diperuntukkan untuk dunia pendidikan yang terus berkembang pada tiap masa. Seiring dengan perkembangan jaman pun KBBI daring ikut berkembang mengikuti  perkembangan yang ada. Sehingga keberadaan  kamus ini akan terus digunakan oleh tiap orang yang membutuhkan berbagai kata yang artinya masih dibingungkan. Bentuk dan akses kamus yang mengikuti perkembangan jaman yang ada diharapkan tiap orang bisa menjangkaunya dengan mudah. Sehingga kamus ini akan terus digunakan meskipun teknologi yang ada sudah semakin canggih sekali.

Beberapa Bukti KBBI Terus Berkembang

KBBI adalah salah satu kamus yang tidak pernah lepas digunakan oleh tiap orang, khususnya bagi yang sedang mengenyam pendidikan. Berbagai istilah dan ejaan kata yang benar tersedia dalam kamus ini. Sehingga mau tidak mau sebagai orang yang berpendidikan Anda harus membukan lagi kamus tersebut. Tentu saja, karena jika tidak membuka lagi maka informasi kata yang akan digunakan jadi salah ejaan. Jika terjadi salah ejaan dan penulisan maka akan fatal tentunya jika digunakan untuk tulisan yang formal, seperti skripsi misalnya. Oleh karena itu, tidak sedikit mahasiswa yang terus menggunakan kamus ini untuk membantu dalam penulisan skripsi yang dikerjakannya.

  • KBBI dalam bentuk buku

KBBI awalnya muncul dalam bentuk buku. Jadi, bagi yang membutuhkan informasi terkait kata yang ingin diketahui arti dan ejaan yang benar mau tidak mau harus memiliki buku ini. Kamus ini tentunya berukuran sangat tebal, jadi sangat repot jika harus dibawa ke mana-mana. Sangat berat tentunya. Akan tetapi keberadaan KBBI daring ini sangat dibutuhkan oleh tiap orang yang sedang menjalani pendidikan. Jadi pada belasan tahun yang lalu orang yang memiliki kamus ini tentunya sering dicari kehadirannya bagi teman-temannya untuk meminjam kamus tersebut. Jadi Anda bisa meminjamnya ke teman dekat Anda.

  • KBBI praktis

Ada beberapa kamus yang menyerupai KBBI namun versi kecilnya. Jadi, ketika ingin dibawa ke mana-mana Anda tidak perlu kerepotan dalam membawanya. Kamus ini banyak digunakan oleh sebagian orang. Namun, meskipun praktis tentu saja kata yang ada dalam buku ini tidak sebanyak KBBI yang asli. Pasalnya kata dalam kamus praktis tersebut sangatlah terbatas. Jadi tetap memiliki kekurangan. Akan tetapi, setidaknya kamus ini bisa sedikit membantu orang-orang yang tidak mampu untuk membeli KBBI yang asli dengan ukuran yang besar dan tebal itu.

  • KBBI dalam web

Seiring dengan berkembangnya jaman, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Saat ini akses internet sudah sangat mudah dijangkau. Untuk itu, pemerintah terus berperan dalam memperbaiki akses KBBI agar tetap bisa digunakan oleh masyarakat. Salah satunya adalah dengan membuat web untuk kamus itu sendiri. Jadi Anda yang ingin mencari tahu arti dan ejaan dari suatu kata maka bisa diakses lewat web yang tersedia. Melalui web KBBI daring tersebut Anda bisa mencari tahu berbagai kata yang Anda bingungkan.

  • KBBI dalam bentuk aplikasi

Saat ini tersedia juga KBBI dalam bentuk aplikasi. Akses yang sangat mudah tentunya untuk mempelajari bahasa yang baik dan benar. Jadi Anda tidak perlu memiliki kamus yang besar dan tebal, hanya menyimpan  aplikasi di smartphone saja Anda bisa mengaksesnya dengan mudah. Untuk itu, kamus ini bisa diakses dimana-mana.

Perkembangan KBBI

KBBI memang terbukti terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga keberadaannya tidak dilupakan oleh masyarakat. Dengan begitu, seiring dengan banyaknya hal yang bisa membantu Anda untuk mengetahui suatu kata, KBBI tidak pernah dilupakan. Untuk mencari ejaan yang benar Anda tetap akan menggunakan KBBI sebagai solusinya.

Dengan adanya KBBI daring dalam bentuk aplikasi dan web ini, masyarakat bisa dengan mudah mengaksesnya. Jadi tidak seperti dulu yang harus memiliki dan meminjam kamus yang besar dan tebal untuk mengetahui arti dan ejaan yang benar. Apalagi dengan keberadaan smartphone yang hampir tiap siswa yang sudah dibekali oleh orang tuanya. Akses untuk membuka kamus yang lengkap ini jadi semakin mudah tentunya.