Cara Hidup Hemat Selama Di Jakarta

Jakarta adalah pusat segala perhatian bagi semua orang di Indonesia. Bagaimana tidak, Jakarta yang saat ini masih jadi ibukota negara kita, ternyata juga menjadi pusat ekonomi, wisata, hiburan, dan lain sebagainya. Maka tak heran jika ada banyak orang yang tertarik untuk pergi ke Jakarta, entah itu untuk pergi berlibur dengan sewa bus pariwisata Tangerang ataupun untuk pergi mengadu nasib ke sana. Akan tetapi, tidak semua yang berkilau itu tak ada cacat. Nyatanya, Jakarta sendiri juga punya bagian tak enaknya, yaitu perihal harga. Tingginya nilai UMR di Jakarta jelas berimbas pada tingginya harga barang, entah untuk kebutuhan sehari-hari, makan, berbelanja dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting sekali untuk tahu beberapa cara agar bisa berhemat. Pada artikel kali ini akan kita beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berhemat  di Jakarta, baik bagi yang bekerja di sana maupun sekadar berlibur.

Tips Bertahan Hidup Hemat Di Jakarta

Bagi Anda para perantau di Ibukota, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa bertahan hidup meski anggaran biaya sedikit.

  1. Usahakan masak sendiri

Harga makanan di Jakarta bisa dibilang agak mahal ketimbang daerah lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya jika Anda mencoba untuk memasak sendiri. Dengan bahan yang ada, Anda jelas bisa lebih mengirit. Jika tidak bisa memasak lauk, setidaknya Anda bisa memasak nasi dan tinggal beli lauk.

  1. Kurangi kegiatan “nongkrong”

Salah satu pengeluaran yang mungkin tidak disadari namun punya imbas besar pada uang kita adalah uang untuk “nongkrong”. Kebiasaan seperti sering ke kafe, berbelanja, atau hangout jelas memakan uang yang banyak. Ada baiknya jika kegiatan seperti itu dikurangi.

  1. Cari kos dekat tempat kerja/kuliah

Mendapatkan kos yang dekat dengan tempat kerja atau kampus jelas jadi satu keuntungan tersendiri. Dengan begitu, ongkos untuk transportasi jelas bisa dihemat ketimbang saat harus pergi dari daerah yang jauh.

  1. Gunakan transportasi umum

Saat memang Anda diharuskan untuk pergi dalam jarak jauh, maka solusi tepat agar tetap irit yaitu dengan menggunakan transportasi umum. Ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan seperti KRL, Transjakarta, angkot Jak Lingko, MRT, LRT dan lainnya. Dengan begitu, ongkos juga bisa ditekan.

Tips Berhemat Saat Berlibur

Selain memanfaatkan sewa bus pariwisata Tangerang jika bepergian dengan banyak orang, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berhemat saat akan berlibur ke Jakarta, seperti berikut ini.

  1. Hindari makan di tempat wisata

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari untuk makan di dekat daerah wisata. Biasanya, harga yang diberikan bisa terbilang sangat mahal. Oleh karena itu, cobalah untuk makan di daerah lain yang kira-kira lebih murah.

  1. Cari tempat penginapan murah

Salah satu pengeluaran terbesar ada di pos penginapan. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari penginapan termurah. Anda bisa mencarinya di internet atau coba cari promo yang disediakan oleh aplikasi. Biasanya, ada motel yang memang murah. Anda juga bisa berbagi kamar dengan teman Anda agar biaya yang ditanggung bisa lebih murah lagi.

  1. Bawa minum dan jajan

Yang namanya wisata pasti butuh tenaga, dan biasanya kita ingin sekali minum dan juga makan kudapan. Karena harga makanan di tempat wisata pasti mahal, maka Anda bisa mencoba untuk membawa sendiri minum dan jajan dari luar. Anda bisa beli di minimarket atau bawa hotel. Dengan begitu, biaya makan juga bisa lebih diirit lagi.

Itulah tadi beberapa tips jitu dalam hal mengirit pengeluaran selama di Jakarta. Bagi Anda yang ingin pergi berlibur, bisa langsung saja untuk sewa bus pariwisata Tangerang ya!